Jumat, 30 November 2012

Backpacker ke Jogja


Halo teman teman
Disini saya akan berbagi pengalaman sedikit tentang backpacker ke Yogyakarta semoga bermanfaat bagi teman teman yang ingin berbackpacker ke Yogyakarta J
Pertama teman2 bisa menggunakan kendaraan umum untuk perginya seperti kereta api, bis, atau menumpang kendaraan orang biar lebih murah hehehehe, karena saya berdomisili di Bandung saya menggunakan kereta api untuk perginya tarif tiket kereta api ekonomi sekitar Rp 30.000 – Rp  50.000 kalau yang bisnis sekitar Rp 100.000 – Rp 120.000 tiketnya bisa langsung dibeli di stasiun Bandung tapi belinya jangan pas hari H dijamin ga kebagian tiket kalau mau beli ya seminggu sebelum hari H biar kebagian tempat duduk. Saya pake yg bisnis jadi naiknya dari stasiun Bandung kalau pake yg ekonomi naiknya di stasiun Kiaracondong, nama keratanya Lodaya berangkat dari bandung jam 8 pagi, waktu perjalanan sekitar 7-8 jam buat nyampe di jogja lumayan lama sih tapi dijamin deh ga bakal bosen karena diperjalan teman2 bisa liat pemandangan yg keren2 yg jarang diliat setiap hari. tambahan dikit nih kalau laper mau makan jangan beli di restorasi soalnya harganya agak sedikit mahal kan teman2 mau backpacker pastinya pengen irit kan ? kalau laper pengen makan tunggu berhenti di stasiun nah pas berhenti itu ada banyak pedagang yg masuk ke kereta buat jualan ada nasi ayam, nasi pecel, pop mie dll harganya dijamin lebih murah hehehe.
Sekitar jam 4 sore kereta nyampe di stasiun tugu Yogyakarta teman2 bisa keluar lewat stasiun selatan atau lewat utara, kalau lewat selatan teman2 langsung berada dijalan pasar kembang ambil arah timur menuju malioboro disepanjang jalan pasar kembang ada gang2 yg banyak terdapat tempat penginapan seperti losmen, motel dll harganya sekitar Rp 50.000 – Rp 200.000 semalamnya ya tergantung fasilitas tapi kalau teman2 beruntung bisa dapet yg Rp 50.000 lumayanlah Cuma buat tidur ini kan. Waktu itu saya dapet losmen di jalan pasar kembang  nama losmenya Dewi Rahayu jaraknya deket kira2 sekitar 100 meter ke malioboro harganya Rp 75.000 fasilitasnya 2 tempat tidur + kipas angin WC diluar. Kalau teman2 laper ga usah khawatir Jogja menyediakan berbagai macam kuliner dari yg murah sampe yg mahal dari yg pinggir jalan sampe restoran mewah berkelas. Teman2 bisa makan di Angkringan tempatnya seperti warung makan pake grobak dipinggir jalan disetiap sudut Jogja banyak terdapat Angkringan menu andalan Angkringan ini nasi kucing, bukan berarti nasi bekas kucing ya tapi nasi yg dibungkus daun pisang yg isinya oseng2an terus ada sate2  misalnya ayam, ati ampela, kerang dll ada juga tempe bacem, tahu dll pokonya banyak deh harganya murah banget nasi kucing aja satunya Rp 1500 sate2 Rp 1000 teman2 bawa uang Rp 5000 juga dijamin sudah kenyang deh.

Ngomongin Angkringan saya saranin ke Angkringan Kopi Jos letaknya kira2 50 meter dari perlintasan kereta api di malioboro ke arah utara disitu ada minuman yg harus dicoba namanya Kopi Jos minumannya sama sih kaya kopi yg lainnya tapi anehnya itu dimasukin bara areng panas ke dlm kopinya, tempatnya asik banget deh makannya ditrotoar jalan trus lampu2 malamnya itu loh yg bikin suasananya makin nikmat ditambah lg pengamen2 yg suka bawain lagu lagu jawa. Nah kalau udah beres makan di Angkringan jgn buru buru balik ke losmen jalan dulu ke arah utara sekitar 500 meter teman2 bisa melihat tugu Yogyakarta luamayan deh buat foto foto + ngabisin malem di kota Jogja.
Disekitar losmen ada objek wisata + belanja namanya Malioboro teman2 pasti tau dong Malioboro. Di Malioboro ini banyak menjajakan pakaian2 seperti baju batik, celan batik, kaos oblong khas Jogja dll pokoknya banyak deh harganya sekitar Rp 15.000 – Rp 100.000 teman2 harus jago nawar biar dikasih harga miring hehehe. Dari jalan malioboro teman2 bisa menuju ke arah selatan mengikuti jalan Maoboro nah disana ada Pasar Beringharjo sama sih seperti Malioboro tempat belanja gitu tapi pasar ini sudah ada dari jaman dulu sampe sekarang lalu agak ke depan sedikit teman2 bisa menemukan benteng yg namanya saya lupa lagi tapi bentengnya keren loh buat foto foto sambil melihat sejarah perlawanan rakyat jogja terhadap penjajah lalu agak kedepan lagi ada perempatan yg rame banget perempatan itu adalah titik 0 kota Jogja bila teman2 ke selatan lagi ada alun alun utara + keraton Ngayogyakarta Hardiningrat tempat tinggalnya raja Jogja Sri Sultan Hamengkubowono. Tiket masuk keraton murah kok di dalem keraton teman2 bisa menemukan bangunan bangunan khas jawa yg masih asli trus jg ada pementasan tari-tarian yg diiringi musik jawa pokoknya enak deh buat dengerin.
Ke jogja tanpa mengunjungi alun-alun kidul serasa minum teh tanpa gula di alun-alun kidul ada 2 pohon beringin kembar yg konon katanya bila ada yg bisa melewati pohon beringin kembar tersebut dengan mata tertutup keinginannya bakal terkabut waktu itu jg saya pernah nyobain tapi memang bener buat jalan lurus aja susah saya nyobain sampe 20 kali tetep ga berhasil. Nah bila teman2 laper pas di alun-alun kidul teman2 bisa mencoba bakmie plengkung gading kira2 50 meter ke arah selatan disana juga ada terowongan yg bernama plengkung gading. Bakmienya enak loh seger makanya pas siang siang ditambah sambel yg pedes hahahaha.
Mumpung di Yogyakarta sekalian main ke daerah selatan Yogyakarta yaitu ke pantai Prangtritis dari losmen yg tadi teman2 naik bus trans jogja ke terminal jombor murah kok Cuma Rp 3000 nah dari jombor naik deh bis ke Parangtritis tiketnya kira2 Rp 20.000 di Parangtritis pemandangannya keren pantai landai yg luas apalagi sunsetnya keren banget deh, untuk bermalam tidur aja di mesjid biar irit hehehe, lalu paginya teman2 bisa balik lagi ke terminal jombor sekalian ke candi borobudur soalnya kurang lengkap kalau ngga kesitu dari jombor tiket bisnya Rp 15.000 langsung nyampe ke terminal borobudur dari terminal jalan deh 1 kilometer, tiket masuk borobudur Rp 30.000.
Bila teman2 sudah puas berbackpacker ke Jogja teman2 bisa pulang dengan menggunakan kereta yg sama seperti awal berangkat hehhehe
Tiket kereta : Rp 30.000 –  Rp 50.000
Penginapan permalam : Rp 75.000
Tiket bis Jogja – parangtritis – jogja – borobudur – jogja : Rp 60.000
Makan dan oleh2 atur aja sendiri menurut selera hehehe
Cukup sekian pengalaman saya maaf kalau tidak ngerti hehehehe terima kasih J

3 komentar:

  1. Manteb gan... bermanfaat bangt nih pengalamannya.. kl ane dari jakarta paling beda2 tipis kali ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat, ya beda beda tipislah paling cuma beda di ongkos keretanya doang

      Hapus
  2. Keren gan, berapa hari disana?

    BalasHapus

 
;